Holyland Tour Specialist

View Original

GUNUNG BERSEJARAH DI ISRAEL

Gunung karmel

Gunung-gunung penting dalam sejarah Israel

Pegunungan bisa membantu pertahanan sebuah kota atau negara, juga bisa menjadi tempat aman untuk mengungsi di waktu krisis. Di samping itu, gunung juga merupakan lokasi ibadah atau pemujaan umat beragama terhadap Tuhan atau dewa dewi mereka. Gunung juga sering dipakai sebagai simbol untuk makna tertentu. Bisa berarti kesusahan dan rintangan (Matius 17:20), Raja adil yang membawa damai sejahtera bagi rakyatnya (Mazmur 72:3), bangsa-bangsa di dunia (Wahyu 17:9), sebagai simbol pemerintahan Kerajaan Allah atas seluruh dunia (Daniel 2:35). Dalam perjalanan tour holyland Israel bersama Holyland Specialist Tour, kami akan membawa anda mengunjungi beberapa gunung yang bersejarah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa gunung-gunung di sana beserta sejarah singkat nya :

  1. Gunung Karmel, tempat Nabi Elia menang atas nabi-nabi Baal (1 Raja-Raja 18:9-42). Sekarang terletak di bagian utara Israel, dekat kota Haifa.

  2. Gunung Ebal (di seberang Gunung Gerizim), tempat di mana Musa memerintahkan di dirikan nya altar setelah kaum ibrani memasuki Tanah Perjanjian (Ulangan 27:4). Sekarang terletak di bagian utara kota Nablus.

  3. Gunung Gerizim, lokasi penyembahan orang samaria, dekat dengan lokasi di mana Yesus berbicara dengan wanita samaria di sumur (Yoh 4:20). Sekarang terletak di bagian selatan kota Nablus.

  4. Gunung Gilboa, tempat  di mana Raja Saul dan anak-anaknya di bunuh dalam peperangan dengan kaum Filistin (1 Tawarikh 10:8). Sekarang terletak di area Galilea selatan, merupakan salah satu tempat terindah di Israel saat ini.

  5. Gunung Hermon, gugusan pegunungan yang menandai batas utara dari penaklukan tanah Kanaan (Yosua 11: 3, 17). Sekarang terletak di dataran Golan, perbatasan Suriah dan Lebanon. Merupakan salah satu gunung tertinggi di Israel, satu2nya tempat turun nya salju dan juga resort untuk ski musim dingin.

  6. Gunung Lebanon, sumber kayu (cedar wood) untuk Raja Salomo membangun Bait Suci di Yerusalem seperti tercatat di 1 Raja-Raja 5:8, 9,14.

  7. Gunung Moriah, di mana Abraham membawa Ishak untuk dipersembahkan (Kej 22:2) dan merupakan lokasi Bait Suci yang di dirikan Raja Salomo (2 Tawarikh 3:1). Sekarang terletak di kota tua Yerusalem.

  8. Gunung Nebo (Pisgah), tempat di mana Musa melihat tanah perjanjian (Ulangan 34:1). Sekarang terletak di Yordan. Bagian selatan dari kota Amman.

  9. Gunung Seir, bagian selatan Laut Mati. Lokasi di mana Esau menetap setelah ayahnya (Ishak) meninggal seperti tercatat di Kejadian 36:9. Sekarang terletak di Yordan selatan.

  10. Gunung Tabor, terletak 6 mil di timur kota Nazareth, merupakan tempat Barak melancarkan serangan nya kepada Sisera dengan membawa suku Naftali dan suku Zebulon (Hakim-Hakim 4:6). Beberapa ahli berpendapat di sini lah terjadi transfigurasi (dimuliakan) Yesus (Mat 17:2).

GUNUNG NEBO