MEMAHAMI MAKNA ZIARAH HOLYLAND

KOTA TUA YERUSALEM

KOTA TUA YERUSALEM

Perjalanan ziarah adalah suatu hal yang mulia dan baik sekali untuk dilakukan. Namun seberapa banyak anda paham akan seluk beluk perjalanan ziarah? Nah artikel ini ditujukan untuk para umat Tuhan agar bisa mengerti dan memaksimalkan perjalanan Ziarah Holyland ke Tanah Perjanjian Israel.

Apakah itu ziarah?

Berziarah dalam arti umum adalah berkunjung ke tempat khusus atau situs suci untuk berdoa, beribadah dan mengenang keluarga, leluhur, tokoh penting atau pemimpin yang di hormati dan di ikuti peziarah tersebut. Dalam ziarah rohani, pada umumnya peziarah berkunjung ke Israel dan negara-negara sekitar yang juga menjadi tanah atau wilayah terjadinya kisah-kisah yang terdapat dalam alkitab.

Pada zaman dahulu kala, saat Musa memimpin bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan di Mesir, maka Tuhan memerintahkan perayaan-perayaan penting bagi kaum Israel, yakni :

1. Hari Raya Paskah. (The Feast of the Passover)

2. Hari Raya Roti Tidak Beragi. (The Feast of Unleavened Bread)

3. Hari Raya Buah Sulung. (The Feast of Firstfruits)

4. Hari Raya Tujuh Minggu (Shavuot / The Feast of the Weeks / The Feast of Pentecost)

5. Hari Raya Peniupan Serunai (The Feast of the Blowing of Trumpets / Rosh Hashanah)

6. Hari Raya Puasa dan Pendamaian (The Feast of Expiation / Yom Kippur)

7. Hari Raya Pondok Daun (The Feast of Tabernacles / Sukkot)

Perjalanan Ziarah.jpg

Dari ketujuh Hari Raya ini, kemudian Tuhan berfirman melalui Musa kepada bangsa Israel : tiga kali setahun setiap orang laki-laki di antaramu harus menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, ke tempat yang akan dipilih-Nya, yakni pada hari raya Roti Tidak Beragi; pada hari raya Tujuh Minggu dan pada hari raya Pondok Daun. Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa, tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

Setelah bangsa Israel menduduki tanah Kanaan dan berdiam di tanah milik masing-masing suku berdasarkan pembagian, maka sebanyak tiga kali setahun semua pria harus datang menghadap TUHAN Allah di tempat yang telah dipilih-Nya. Pada masa awal, tempat ini adalah Shekhem kemudian Shiloh di mana terletak Tabut Perjanjian yang mewakili hadirat TUHAN, setelah Bait Suci pertama di dirikan Raja Salomo, maka Yerusalem menjadi pusat ibadah orang-orang Israel.

Perjalanan orang Israel dari desa dan kota masing-masing menuju Yerusalem untuk menaati perintah Tuhan Allah bagi mereka sebanyak 3 kali setahun untuk 3 perayaan itu lah yang kemudian di kenal sebagai perjalanan ziarah. Dan orang-orang ini di sebut Peziarah. Mereka akan datang menuju Yerusalem sesuai waktu yang telah ditetapkan Tuhan, dengan membawa korban ataupun hasil ladang mereka untuk dipersembahkan (istilah kita saat ini beribadah) kepada Tuhan di Bait-Nya dan merayakan sesuai perintah Tuhan. Bahkan ada bagian khusus Kitab Mazmur berisi nyanyian dan doa para peziarah sewaktu mereka dalam perjalanan ke Yerusalem.

ZIARAH KE YERUSALEM

ZIARAH KE YERUSALEM

Dan pada zaman Tuhan Yesus, juga demikian, tercatat Yesus masa kecilnya juga melakukan perjalanan dari Nazaret ke Yerusalem bersama Yusuf dan Maria di mana Yesus diam di Yerusalem Bait Suci berdiskusi dengan para guru Taurat dan akhirnya ditemukan oleh orang tua-Nya. Jadi inilah praktek ziarah di alkitab.

Bagaimana dengan kita yang hidup di zaman modern ini? Ziarah telah menjadi sebuah perjalanan wisata rohani yang mengkombinasikan elemen ziarah dengan wisata. Umat Tuhan yang berziarah ke Tanah Perjanjian Israel biasanya memakai jasa Agent Tour untuk mengurus visa, penerbangan, konsumsi, khotbah, renungan, logistik maupun rute dan seluk beluk lain nya dalam perjalanan ziarah ini. Maka sangat penting untuk para peziarah memahami makna ziarah, paket tour ziarah yang di tawarkan dan tentu nya peran Agent Tour sangatlah penting karena rancangan rute ziarah ditentukan oleh Agent Tour ini.

Ziarah Rohani sebetulnya adalah sebuah perjalanan ibadah (worship) karena memang dari dulunya, Tuhan memerintahkan umat Israel melakukan ziarah 3 kali dalam setahun untuk kerohanian mereka. Maka dari itu, perjalanan ziarah haruslah menitikberatkan kepada ibadah dan kerohanian yang bertumpu pada Firman Tuhan di berbagai lokasi ziarah. Lokasi akan memberikan konteks kepada perikop alkitab.

HOLYLAND SPECIALIST TOUR @ MASADA

HOLYLAND SPECIALIST TOUR @ MASADA

Bagaimana lokasi membantu anda untuk lebih memahami Kitab Suci sewaktu berziarah di Tanah Perjanjian? Tidak lain adalah membawa membawa anda ke dalam lingkungan, latar belakang kisah-kisah dan tokoh-tokoh di alkitab agar mengerti pola pikir (worldview) dari orang Israel kuno yang sangat dipengaruhi oleh iklim, geografi dan topografi fisik yang unik dari berbagai wilayah di Tanah Israel. Kehidupan sehari-hari masyarakat Israel zaman dulu di daerah Galilea berbeda dengan masyarakat yang tinggal di padang belantara Negev atau masyarakat yang menghuni Yerusalem yang ada di kawasan tinggi dan dikelilingi oleh 7 bukit.

Jika kita mau memahami pergumulan mereka, cara pikir mereka, maka kita harus melihat, memahami dan merasakan geografis mereka sebagai konteks. Jika kami bisa memaparkan semua nya ini kepada anda, itu menunjukkan bahwa kami menyadari betapa penting nya ziarah itu, bahkan mungkin lebih dari anda. Maka kami tahu bagaimana meracik rute dan studi alkitab agar memberikan makna segar, nyata, hidup dan aplikatif dalam pemahaman alkitab kita.

Rute ziarah juga menjadi penting dalam berbagai paket ziarah yang ditawarkan para Agent Tour. Perhatikanlah kalo peziarah zaman dulu datang berziarah ke lokasi hadirat Tuhan, fokus utama nya adalah di Bait Suci, maka fokus utama yang seharusnya dalam rute ziarah itu menjadi jelas dan terang. Yesus mengatakan bahwa Musa dan para Nabi berbicara tentang Diri-Nya. Maka jikalau peziarah zaman dulu datang beribadah pada Tuhan Allah di Perjanjian Lama, maka kita peziarah modern saat ini harusnya berziarah untuk berfokus pada Juruslamat sekaligus Gembala Agung umat Tuhan di Perjanjian Baru yaitu Tuhan Yesus, hidup-Nya, karya-Nya dan segala sesuatu mengenai-Nya.

Karena itulah, maka kami dari team Holyland Specialist mengadakan rute ziarah yang fundamental bagi setiap peziarah pertama kali, yaitu Paket Ziarah Israel Holyland Tour atau Israel Jordan Holyland Tour yang berpusat pada rute ziarah mengikuti jejak kaki Yesus Kristus. Dengan fokus hanya pada Israel atau Israel Yordan, maka peziarah akan beribadah dan mengunjungi lokasi-lokasi yang penting dan lengkap dalam hidup Yesus Kristus, agar bisa merasakan mempelajari, mengalami dan merenungkan pribadi-Nya, pelayanan-Nya dan karya-Nya selama hidup-Nya di Israel ribuan tahun lalu. Kami percaya pengenalan umat akan Tuhan akan menguatkan iman dan kerohanian.

KAWANAN DOMBA TERNAK DI YERUSALEM

KAWANAN DOMBA TERNAK DI YERUSALEM

Israel memiliki musim dingin dan musim panas. Jika bepergian pada musim dingin, maka perlu siapkan perlengkapan baju dingin. Mata uang untuk turis biasanya US Dollar. Ada perbedaan waktu 4 jam antara WIB dan Israel. Detail lengkap lain nya boleh ditanyakan kepada kami.

Jika peziarah telah belajar mengenai Tuhan Yesus pada perjalanan ziarah pertama kali dan jika kelak waktu, dana masih mengizinkan, maka peziarah bisa berziarah ke wilayah lain di tanah alkitab seperti belajar alkitab dari Paulus di Yunani dan Turki; Yohannes di Turki; Musa di Mesir.   

Silakan kunjungi blog kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tips seputar Tour Israel maupun Ziarah Holyland. Atas anugerah dan penyertaan Tuhan, kami telah berpengalaman membawa tour ke Tanah Suci. Dan kami siap jika diberikan kepercayaan untuk membawa anda berziarah, beribadah mengenal lebih dalam mengenai Yesus, Firman Allah yang hidup itu sambil menikmati wisata di Tanah Perjanjian yang berlimpah susu dan madu.

Kunjungi homepage kami untuk melihat berbagai paket ziarah kami dan hubungi kami untuk booking maupun segala saran, pertanyaan dan kritik anda melalui Live Chat Whatsapp di website kami maupun email.



Terimakasih dan Tuhan memberkati.

KS Ong dan Indra Hu, Holyland Specialist.