10 Tempat Wisata Rohani Spesial dan Wajib di Ziarah Yerusalem Holyland Tour

Yerusalem, Kota Suci bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam saat ini merupakan kota yang unik, memiliki area Kota Tua dan Kota Modern. Ada banyak tempat wisata rohani berbagai agama di Yerusalem. Kali ini kita akan mengupas secara singkat 10 Situs terkenal di Tour Israel untuk Ziarah Tanah Perjanjian di Yerusalem :

1. GEREJA TANGISAN YESUS TERHADAP YERUSALEM

1. GEREJA TANGISAN YESUS TERHADAP YERUSALEM

Di sini lah Yesus memandang Yerusalem dan meratapinya. Tangisan Nya digenapi pada tahun 70 dimana Jendral Romawi Titus mengepung dan menghancurkan kota itu. Luk 19 : 37, 41 - 44 : Ketika Ia dekat Yerusalem, di tempat jalan menurun dari Bukit Zaitun, mulailah semua murid yang mengiringi Dia bergembira dan memuji Allah dengan suara nyaring oleh karena segala mujizat yang telah mereka lihat. Dan ketika Yesus telah dekat dan melihat kota itu, Ia menangisinya. Kata-Nya :”Wahai, betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, bahwa musuhmu akan mengelilingi engkau dan menghimpit engkau dari segala jurusan dan mereka akan membinasakan engkau beserta dengan pendudukmu dan pada tembokmu mereka tidak akan membiarkan satu batupun tinggal terletak di atas batu yang lain, karena engkau tidak mengetahui saat, bilamana Allah melawat engkau.”

2. RUANG PERJAMUAN TERAKHIR.

2. RUANG PERJAMUAN TERAKHIR.

Di ruangan ini lah Tuhan Yesus mengadakan perjamuan terakhir memakan domba perayaan Paskah dengan ke 12 belas muridNya beberapa hari sebelum Ia ditangkap. Mat 26 : 17 - 19 : Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepadaNya dan berkata :”Dimana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?”. Jawab Yesus “Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya : Pesan Guru : waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku.”. Lalu murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah.

3. TAMAN GETHSEMANE.

3. TAMAN GETHSEMANE.

Peristiwa Yesus berdoa sebelum ditangkap terjadi di Taman ini yang menjadi saksi bisu terhadap kejadian bersejarah tersebut. Mat 26 : 36 - 38, 45 - 46 : Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya:”Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa.” Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar, lalu kata-Nya kepada mereka””Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku.” Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka:”Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.

4. KOMPLEK RUMAH IMAM KAYAFAS

4. KOMPLEK RUMAH IMAM KAYAFAS

Yesus ditangkap dan disekap di tempat ini. Rasul Petrus menyangkal tiga kali juga terjadi di sini. Karena itulah tempat ini dikenal juga sebagai St Peter of Gallicantu. Mat 26 : 57 - 59, 75 : Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua. Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu. Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya ia dapat dihukum mati. Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya:”Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.” Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.

5. VIA DOLOROSA

5. VIA DOLOROSA

Situs ini untuk memperingati peristiwa Jumat Agung, yaitu dari saat Pilatus menjatuhkan hukuman mati sampai penyaliban di Golgotha. Mat 27 : 24, 26 : Ketika Pilatus melihat bahwa segala usaha akan sia-sia, malah sudah mulai timbul kekacauan, ia mengambil air dan membasuh tangannya di hadapan orang banyak dan berkata:”Aku tidak bersalah terhadap darah orang ini; itu urusan kamu sendiri!”. Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya lalu diserahkannya untuk disalibkan.

6. GOLGOTHA DAN KUBUR KOSONG

6. GOLGOTHA DAN KUBUR KOSONG

Tempat ini dikenal sebagai Situs penguburan Yesus sekaligus Kubur Kosong pasca Kebangkitan-Nya. Mat 27 : 57 - 61 : Menjelang malam datanglah seorang kaya, orang Arimatea, yang bernama Yusuf dan yang telah menjadi murid Yesus juga. Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Pilatus memerintahkan untuk menyerahkannya kepadanya. Dan Yusuf pun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih, lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia. Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan kubur itu. Mat 28 : 5 - 7, 9 - 10 : Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu :”janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu. Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring. Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-muridNya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea, di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” Tiba-tia Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata :”Salam bagimu.” Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya. Maka kata Yesus kepada mereka :”Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku.”

7. CHAPEL OF RESURRECTION / GEREJA KENAIKAN

7. CHAPEL OF RESURRECTION / GEREJA KENAIKAN

Gereja ini untuk memperingati Kenaikan Tuhan Yesus ke surga 40 hari setelah Ia menampakkan diriNya kepada murid-murid pasca Kebangkitan-Nya. Kisah Para Rasul 1 : 3, 9 - 10, 12 : Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang kerajaan Allah. Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka. Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit and disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.

8. KOLAM BETHESDA

8. KOLAM BETHESDA

Kolam ini merupakan tempat Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang lumpuh sejak lama. Yoh 5 : 1 - 3, 5 - 9 : Sesudah itu ada hari raya orang yahudi, dan Yesus berangkat ke Yerusalem. Di Yerusalem dekat Pintu Gerbang Domba ada sebuah kolam, yang dalam bahasa Ibrani disebut Betesda; ada lima serambinya. dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit : orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh, yang menantikan goncangan air kolam itu. Di situ ada seorang yang sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit. Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya :”Maukah engkau sembuh?” Jawab orang sakit itu kepada-Nya: “Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku.” Kata Yesus kepadanya: “Bangun, angkatlah tilammu dan berjalanlah.” Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.

9. KOLAM SILOAM

9. KOLAM SILOAM

Kolam ini adalah tempat Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang buta sejak lahirnya. Ditemukan pada Juni 2004. Yoh 9 : 1, 6, 7 : Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi dan berkata kepadanya :”Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam.” Siloam artinya :”Yang diutus.” Maka pergilah orang itu, Ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.

10. GEREJA DOA BAPA KAMI.

10. GEREJA DOA BAPA KAMI.

Gereja ini memperingati Tuhan Yesus mengajarkan kepada murid-muridNya bagaimana berdoa dan demikianlah sampai saat ini umat kristen di seluruh dunia juga berdoa menurut ajaran Yesus. Mat 6 : 9 - 13 : Karena itu berdoalah demikian : Bapa Kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami ayng secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami. dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.) Amin.

10 tempat suci Ziarah Yerusalem Kristen dan Katolik ini memiliki makna yang penting dalam memahami kitab Injil terutama minggu terakhir dalam hidup Yesus Kristus. Holyland Specialist dalam itinerary Israel Holyland Tour akan membawa anda ke semua tempat ini untuk menelusuri, meneladani dan belajar lebih dalam mengenai peristiwa dan ajaran Yesus dalam minggu terakhirNya di Yerusalem.

Mari bergabung dalam perjalanan Tour Israel Ziarah Holyland. Silahkan hubungi kami melalui Live Chat Whatsapp maupun email dan telpon untuk booking, saran, kritik maupun pertanyaan.

Tuhan memberkati.