MEMAHAMI BERBAGAI PAKET DAN RUTE ZIARAH TRAVEL HOLYLAND YANG ADA.

MEMILIH RUTE PERJALANAN ZIARAH YANG ADA

MEMILIH RUTE PERJALANAN ZIARAH YANG ADA

Artikel ini akan membahas mengenai berbagai variasi Paket Holyland Tour yang ada beserta rute-rute masing-masing. Ini adalah artikel ke 4 dari seri Bacaan Persiapan Peziarah dan Calon Peserta Ziarah Holyland Tour di Blog kami. Tujuan artikel ini di tulis adalah agar membantu calon peserta ziarah untuk memahami semua paket-paket beserta rute-rute nya masing-masing agar bisa membuat keputusan yang tepat dalam memilih Paket Holyland Tour yang cocok untuk perjalanan ziarah.

Sebetulnya setiap Rute dan Paket Tour Holyland yang ada, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada yang sempurna. Namun ada yang lebih cocok bagi sebagian peserta dan ada yang kurang cocok bagi peserta lain nya. Karena memang tujuan peserta dalam kunjungan ke Tanah Perjanjian juga bisa berbeda-beda satu sama lain nya. Jadi kami akan rangkumkan semua paket-paket beserta rute-rute yang umum di jumpai dan di tawarkan oleh berbagai Agent Tour Holyland yang ada di tanah air maupun mancanegara :

1. Paket Ziarah Israel Holyland Tour.

HOLYLAND SPECIALIST TOUR GROUP

HOLYLAND SPECIALIST TOUR GROUP

Tour ini berfokus pada Israel sebagai Tanah Perjanjian. Biasanya dengan langsung mendarat di Israel, maka peserta Tour akan memiliki waktu maksimal untuk mengunjungi tempat-tempat ziarah di Israel sambil belajar. Perjalanan ini akan membawa peserta untuk menelusuri Yesus dan murid-murid-Nya secara lengkap, juga bisa mencakup Yohannes Pembaptis, Elia, Gideon, Raja Daud, Hezekiah, bahkan Abraham, Ishak, Yakub dan tempat wisata menarik lain nya seperti Danau Galilea, Gunung Hermon serta tempat bersejarah bangsa Yahudi di Yerusalem seperti Temple Mount, Tembok Ratapan, Museum-museum penting. Tergantung pada musim keberangkatan dan fokus tema Studi Alkitab yang akan di bawakan, maka Tour ini bisa di rancang untuk memberikan Ziarah dengan Studi Alkitab Tematik serta membawa peserta mengalami hidup sehari-hari pada zaman Yesus, jalan-jalan dan berbelanja oleh-oleh di tempat-tempat khas di Yerusalem. Paket ini bagus dan cocok untuk Peziarah dan Calon Peserta yang belum pernah berziarah ke Holyland. Dengan fokus pada Tuhan Yesus, maka peziarah bisa mengenal Yesus lebih dalam lagi dalam rangka memperkuat iman dan kerohanian sambil berwisata. Perjalanan di Paket Israel ini bersifat efisien dan banyak tempat terjadinya kisah-kisah penting di Alkitab yang akan di kunjungi. Biasanya peserta kami puas dengan cakupan tempat-tempat ziarah maupun wisata yang dikunjungi dalam rute ini. Kami cukup flexible dan bisa mengatur beberapa variasi, tergantung tema studi alkitab dan tokoh yang mau dipelajari. Paket ini juga menjadi rekomendasi kami bagi peziarah pertama kali. Kami memiliki jadwal keberangkatan rutin untuk paket ini. Informasi ada di homepage website kami.

Kelebihan Rute ini :

a. Dengan fokus di Israel, maka cakupan Yudea, Yerusalem, Bethlehem, Galilea cukup lengkap. Dan ini akan membantu peserta meneladani hidup Yesus dengan lengkap dan beberapa nabi di Perjanjian Lama.

b. Biasanya rute ini adalah favorit grup-grup dari negara maju seperti Singapura, Korea, Jepang, Amerika dan Eropa yang mementingkan kualitas tour. Karena itu slogan kami adalah Paket Tour ini memberikan peserta harga Indonesia rasa Amerika Eropa.

Kekurangan Rute ini :

a. Dengan hanya berfokus di Israel, rute ini jadi kelihatan kurang mengunjungi negara sekitar dibanding Tour ke Israel Jordan ataupun Mesir Israel Jordan / tipikal tour 3 negara lain nya.


2. Paket Ziarah Israel Jordan Petra Holyland Tour.

PETRA BEAUTY

PETRA BEAUTY

Paket Tour ini masih berfokus pada Israel, namun juga berkunjung ke Jordan selama 2 hari dan 2 malam untuk mengunjungi Petra dan Amman melalui darat. Petra merupakan salah satu keajaiban dunia yang baru dan satu destinasi wisata yang indah dan menarik di Jordan. Dahulu tempat ini adalah wilayah orang Edom yang berbatasan dengan wilayah orang Moab. Beberapa abad setelah nya, suku nabatean datang menghuni wilayah ini dan Petra adalah ibukota pemerintahan kerajaan suku ini. Peserta juga akan mengunjungi Gunung Nebo dimana Allah menunjukkan Tanah Perjanjian-Nya kepada Musa. Tempat ini sekaligus menjadi area perhentian bangsa Israel sebelum masuk untuk menaklukkan kota pertama di Kanaan (nama tanah perjanjian dahulu kala) yaitu Yerikho. Di Israel, Tour ini akan mencakup perjalanan Tuhan Yesus lengkap dari Minggu Sengsara-Nya sampai Kenaikan-Nya. Alami hidup sehari-hari pada zaman Yesus. Juga akan mencakup beberapa Nabi Perjanjian Lama. Beberapa tempat menarik di bagian selatan Israel juga akan di kunjungi termasuk tempat-tempat bersejarah bangsa Yahudi. Tergantung musim dan jadwal keberangkatan, beberapa tempat wisata bisa dikunjungi. Tour ini cocok dan bagus untuk Peziarah dan Calon Peserta yang belum pernah ke Holyland berziarah. Tour ini juga menjadi rekomendasi kami bagi umat Tuhan yang akan berziarah untuk pertama kali nya ke Tanah Perjanjian, namun ingin juga mengunjungi negara tetangga Israel tanpa banyak buang waktu di perjalanan. Silakan klik link di bawah ini untuk mengetahui lebih terperinci.

Kelebihan Rute ini :

a. Bisa berkunjung ke 2 negara yaitu Israel dan Jordan tanpa mengkompromikan atau mengorbankan perjalanan ziarah mengikuti Yesus secara lengkap dan beberapa nabi Perjanjian Lama di Israel. Perbatasan Israel - Jordan biasanya akan lancar sebab jalur ini lebih cepat dibanding jalur utara / selatan

b. Paket ini juga menjadi favorit rute kunjungan berkualitas yang banyak dinikmati dan dipilih oleh Peziarah dari negara-negara maju Asia, Amerika dan Eropa.

Kekurangan Rute ini :

a. Dengan berkunjung ke Jordan, maka waktu di Israel menjadi berkurang sehingga tempat ziarah di Israel akan otomatis menjadi terbatas.

3. Paket Ziarah Mesir – Israel – Jordan atau Turki – Mesir – Israel.

PERJALANAN BUS DI HOLYLAND

PERJALANAN BUS DI HOLYLAND

Paket Tour ini yang berkeliling dari Mesir ke Israel ke Jordan / Turki – Mesir – Israel merupakan rute yang dipopulerkan di Indonesia. Mulai di Cairo, peserta akan mengunjungi pabrik parfum, papyrus,  melihat Piramida dan beberapa gereja lokal serta beberapa lokasi jejak kaki orang Israel di Kitab Keluaran. Lalu akan menaiki Bus lewat padang belantara selama 8 Jam untuk menuju Santa Catharina. Naik Unta tengah malam ke puncak Gunung Sinai, dipercayai sebagai tempat Musa menerima 2 Loh Batu Hukum Taurat dari Tuhan. Kemudian naik bus lagi selama 7 jam di padang belantara menuju ke Taba yang berbatasan darat dengan Eilat, Israel. Lalu masuk ke Israel, naik bus 4.5 jam ke Bethlehem bermalam dan keesokan harinya berziarah di Yerusalem beberapa hari, lalu ke Galilea 1 malam atau 2 malam dan kembali naik bus masuk ke Jordan untuk mengunjungi Gunung Nebo. Jika Paket nya termasuk Petra, maka biasanya akan menginap 1 malam extra di Amman. Paket ini sebetulnya cocok dan bagus untuk Peziarah yang sudah pernah ke Holyland sebelumnya atau Peziarah yang mementingkan kuantitas negara yang dikunjungi (untuk konteks Peziarah Indonesia). Jika untuk Peziarah Indonesia yang belum pernah ke Holyland, dan mengingat budget, maka tidak di sarankan memilih Paket Rute ini. Sebab banyak waktu terbuang di perjalanan, yakni 15 jam di padang belantara Mesir dan 4,5 jam dari Eilat ke Bethlehem. Jadi sekitar 3 hari praktis telah habis di perjalanan. Dalam konteks kualitas tour grup Indonesia yang banyak Peziarah hanya seumur hidup sekali bisa berziarah ke Holyland, sangat di sayangkan apabila memilih Paket yang kurang tepat.

Kelebihan Rute ini :

a. Dengan Budget Indonesia, bisa keliling ke 3 negara untuk berjalan-jalan dan berziarah.

Kekurangan Rute ini :

a. Banyak waktu terbuang di perjalanan, yaitu 3 hari minimal, di mana jika waktu itu dipakai di Israel, Peziarah bisa belajar banyak tentang Tuhan Yesus dan para Nabi Perjanjian Lama.

b. Perjalanan darat yang memakan waktu lama ini melelahkan, apalagi harus 2 kali melewai perbatasan yaitu Mesir - Israel dan Israel - Jordan. Terutama bagi Peziarah yang berusia lanjut, akan sangat melelahkan, di mana akan mempengaruhi stamina peserta Tour, mengurangi efektifitas dan efisiensi ziarah.


4. Paket Ziarah Turki – Israel – Jordan.

Paket ini biasanya memulai rute dengan tiba di Turki utk City Tour lalu malam nya terbang ke Israel, setelah berziarah di Israel, akan naik bus melewati perbatasan Allenby Bridge masuk ke Amman, Jordan. Lalu keesokan harinya ke Gunung Nebo atau Petra sesuai variasi program yang di pilih. Paket 3 negara ini bisa bagus kualitasnya, tergantung kepada bagaimana Agent Tour Holyland mengatur rute dan perjalanan ziarah. Kami dari Holyland Specialist berpendapat bahwa Tour ini lebih cocok untuk Peziarah yang sudah pernah berkunjung ke Israel. Karena waktu akan habis di Turki selama 1 hari. Penerbangan ke Turki juga lebih panjang dan lama di banding penerbangan ke Israel langsung. Harga tiket yang lebih mahal tentunya akan berdampak kepada harga Paket Tour. Tetapi rute ini secara objektif masih lebih baik dibandingkan dengan rute Mesir Israel Jordan karena setidaknya waktu yang habis di Turki selama transit dipakai untuk City Tour di Istanbul. Dan tergantung kepiawaian Agent Tour yang merencanakan rute, waktu di Israel bisa lebih lama dan dipakai maksimal untuk berziarah ke lokasi penting Tuhan Yesus dan peserta tour masih bisa belajar, menghayati dan mengenal Kristus di dalam perjalanan rute ini. Tetapi sayangnya, paket ini sangat jarang ditawarkan di Indonesia.

Kelebihan Rute ini :

a. Waktu yang terbuang di Turki lebih sedikit dan bisa dipakai untuk City Tour di Istanbul. Jadi walaupun nilai ziarah rohani nya sedikit, namun bisa menjadi refreshing bagi peziarah yang telah lama di penerbangan.

b. Masih ada waktu yang lebih baik di banding Rute Mesir Israel Jordan. Kualitas Tour akan ditentukan oleh keahlian Agent Tour merencanakan rute perjalanan ziarah.

Kekurangan Rute ini :

a. Penerbangan ke Istanbul adalah yang paling panjang dan lama di bandingkan penerbangan ke Tel Aviv, Cairo maupun Amman. Biasanya untuk menyambung penerbangan pun waktu tunggu nya cukup lama, makanya bisa diadakan City Tour Istanbul duluan.  Ini  akan menimbulkan kelelahan yang berimbas kepada kebugaran para peziarah.

b. Karena Penerbangan yang lama, maka harga tiketnya lebih mahal dan ini membuat paket yang lewat Turki ini biasanya akan lebih mahal harganya.


5. Paket Ziarah Turki : 7 Gereja di Wahyu atau Jejak Missionaris Paulus.

Rute ini sangat cocok bagi Peziarah yang sudah pernah berziarah ke Israel. Karena ini adalah kesempatan berziarah di Turki, tempat terjadinya banyak peristiwa di Perjanjian Baru yang menarik untuk dipelajari dan menjadi rute ziarah yang bagus. Pada umumnya Paket Ziarah Turki akan mencakup perjalanan ke 7 Gereja Sebermula yang di dirikan oleh Paulus dalam perjalanan misionarisnya. Nama 7 kota ini seperti tercatat di Kitab Wahyu adalah Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia dan Laodikia. Banyak pelajaran relevan yang bisa di alamai dan dinikmati peziarah dari 7 gereja ini. Dengan berziarah, maka peserta akan lebih memahami surat Yohannes kepada 7 jemaat ini. Situasi dan geografis lokasi-lokasi ini juga akan memberikan pemahaman baru kepada perjalanan misionaris Paulus dan membantu kita memaknai Kitab Kisah Para Rasul jika dibawakan dengan tepat dan baik.

Turki juga merupakan satu bangsa yang kuat dan terkenal di masa lalu. Perpaduan antara budaya Eropa dan budaya Timur Tengah Mediterania membawa nuansa yang khas untuk dinikmati para peziarah paket tour ini. Dari makanan, cuaca, pemandangan, dan keindahan alam yang menakjubkan, Turki merupakan negara multi kultural yang layak di kunjungi oleh setiap grup peziarah.

Kelebihan Rute ini :

a. Dengan berfokus pada Turki, maka peserta perjalanan ziarah ini bisa berziarah ke lokasi 7 gereja di Kitab Wahyu sambil belajar. Pelajaran 7 jemaat kuno ini sangat relevan dengan kehidupan kita pada zaman ini.

b. Peserta bisa menikmati Tour Turki sambil berziarah. Menikmati kuliner kebab khas Turki dan beberapa kuliner khas daging lain nya akan memuaskan. Banyak tempat belanja dan arsitektur indah di Istanbul juga.

Kekurangan Rute ini :

a. Turki adalah negara yang cukup besar. Tour standard biasanya hanya bisa mencakup 7 gereja dalam waktu 10 hari tour. Tour ideal memerlukan waktu sekitar 14 hari untuk bisa maksimal, meliputi penerbangan domestik dan pelayaran dengan kapal laut jika ingin mengunjungi tempat-tempat ziarah dan wisata yang lengkap. Tentunya harga Paket 14 hari akan menjadi mahal dan terlalu lama sehingga bisa membosankan bagi sebagian peserta.

6. Paket Ziarah Yunani : Jejak Paulus sambil Tour Yunani.

TOUR ZIARAH YUNANI

TOUR ZIARAH YUNANI

Yunani merupakan pintu gerbang ke benua Eropa. Negara ini juga merupakan salah satu negara paling indah di dunia. Bangsa Yunani merupakan bangsa kuno yang telah memiliki peradaban yang maju sejak berabad-abad yang lalu. Dari bangunan-bangunan kuno maupun, jejak Kerajaan Makedonia Yunani yang di rintis oleh Kaisar Aleksander Agung adalah saksi sejarah bangsa yang kuno ini. Tanah ini juga menjadi tempat lahirnya orang-orang bijak, para filsuf seperti Aristoteles, Plato, Socrates dan yang lain. Yunani juga merupakan tempat dalam perjalanan misionaris Paulus. Di sini lah terdapat jemaat yang menerima surat Paulus yang kemudian menjadi bagian dari Kitab Perjanjian Baru, yaitu 1 dan 2 Korintus, Filipi dan 1 dan 2 Tesalonika. Maka Paket Ziarah Yunani kami akan membawa anda berkunjung ke Kota Korintus, Filipi, Tesalonika dan Athena dimana Paulus menyampaikan pidato nya seperti tercatat di Kisah Para Rasul 17. Di samping itu, peziarah juga akan menikmati liburan ke Santorini, Pulau yang sudah tak diragukan kecantikan dan eksotisnya di seluruh dunia. Ada 2 hari 2 malam akan di lewatkan di Pulau yang indah ini. Di samping itu di kota Athena para peserta ziarah juga akan menikmati tour di Athena, berjalan di pasar lokal, berbelanja oleh-oleh dan merasakan Meteora, Situs Warisan Budaya UNESCO yang menawarkan pemandangan menakjubkan di atas gunung. Lihat lah bangunan-bangunan, stadium Yunani yang terkenal itu. Paket Ziarah ini cocok untuk Peziarah yang telah ke Israel sebelumnya. Maka ini akan menjadi perjalanan lanjutan yang membawa peserta untuk mendalami Perjanjian Baru sambil menikmati Tour Yunani. Temukan Paket Ziarah Yunani kami di homepage website kami dan perkenalan Paket Ziarah Yunani kami melalui link untuk blog di bawah ini.

Kelebihan Rute ini :  

a. Dengan harga Indonesia, Paket Ziarah ini memberikan Tour Eropa kepada para peziarah. Dengan didampingi pembimbing rohani pilihan, perjalanan Ziarah Eropa anda akan menjadi bermakna dan tak terlupakan.

b. Kami memakai rute penerbangan langsung dari Singapura ke Athena, maka waktu tidak akan terbuang di transit. Peserta dari berbagai kota di Indonesia bisa dengan mudah datang ke Singapura terlebih dahulu.

Kekurangan Rute ini :

a. Yunani adalah bagian dari Uni Eropa, maka mereka memakai mata uang Euro. Karena itu Paket Tour Yunani yang berkualitas itu memiliki standard harga yang sesuai. Jangan terbuai oleh Paket Tour Yunani yang terlalu murah yang berujung pada perjalanan yang sangat pendek, fasilitas kurang baik dan tour tidak berkualitas. Periksalah tempat yang akan di kunjungi dan adakan perbandingan yang pas, objektif dan sesuai.

7. Paket Ziarah Turki Yunani.

Paket ini merupakan perpaduan antara perjalanan ke Turki dan Yunani. Tergantung pada pengaturan dan perencanaan dari Agent Tour, Rute ini bisa menjadi rute menarik yang membawa peziarah menikmati tempat ziarah dan wisata di 2 negara mediterania sekaligus dalam sekali perjalanan. Perjalanan ini akan berbeda dengan Paket ke Turki atau Paket ke Yunani saja. Ada tempat-tempat ziarah dan pulau-pulau cantic yang akan dilewati oleh Rute 2 negara ini yang biasanya tidak bisa di cakup oleh Paket Turki dan Paket Yunani saja. Pulau-pulau cantic di lautan aegea seperti Santorini, Mykonos dan lain nya akan menjadi tempat wisata yang menyegarkan. Sedangkan pulau-pulau yang pernah menjadi tempat singgah dalam perjalanan missionaris Paulus juga akan menjadi tempat ziarah yang penting dalam memahami Kitab Kisah Para Rasul dan Perjanjian Baru seperti Pulau Krete dan Pulau Patmos. Paket Ziarah Eropa ini cocok dan bagus untuk Peziarah yang pernah ke Israel sebab fondasi ziarah yang pertama adalah Tuhan Yesus dan para Nabi di Tanah Perjanjian. Nantikan Paket Ziarah Turki Yunani kami tahun depan 2021 di homepage website kami.

Terimakasih dan Tuhan Memberkati.

KS, Holyland Specialist Team