NAZARET TOUR : KOTA YESUS DAN TEMPAT ZIARAHNYA YANG MENARIK

NAZARETH, KOTA TEMPAT YESUS TUMBUH DEWASA.

NAZARETH, KOTA TEMPAT YESUS TUMBUH DEWASA.

Kota ini terletak di area utara Israel, yaitu wilayah Galilea, persisnya di perbukitan yang di penuhi pohon-pohon zaitun kuno, dengan pemandangan yang mengarah ke Lembah Jezreel. Merupakan salah satu kota tertua di Tanah Suci ini, penggalian arkeolog menghasilkan penemuan dari sisa peradaban dari Zaman Perunggu yang berusia lebih dari 3000 tahun. Nazareth adalah awalnya satu kampung kecil di masa kanak-kanak dan pemuda Yesus. Tetapi setelah kematian Nya, maka Kota ini menjadi terkenal sekali. Murid-murid Nya yang awal dikenal sebagai Nazarenes yaitu orang dari Nazaret, sama seperti Yesus dipanggil Yesus dari Nazaret. Sampai sekarang pun kata ini dipakai untuk merujuk pada umat Kristen dalam Bahasa ibrani dan arab.

Nazareth saat ini telah berkembang menjadi kota yang besar dan ramai, juga menjadi destinasi penting dalam ziarah Israel holyland tour. Situs penting  dan menarik yang dikunjungi adalah :

BASILICA OF ANNUNCIATION ATAU GEREJA KABAR BAIK

BASILICA OF ANNUNCIATION ATAU GEREJA KABAR BAIK

1. Basilica of the Annunciation atau Gereja Kabar Baik.

Lukas 1 : 26 – 28 “Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud, nama perawan itu Maria. Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”

Ayat di Lukas itu menjadikan Kota ini dikenal sebagai tempat Malaikat Gabriel memberitakan kabar sukacita kepada Bunda Maria bahwa Ia akan mengandung bayi Yesus. Rumah Bunda Maria dimana tradisi meyakini hal itu terjadi ada di Gereja ini. Basilica ini dibangun untuk menjadi tempat ziarah sekaligus melindungi penemuan-penemuan dalam penggalian Arkeolog yang sekarang bisa di lihat di bagian dasar dari tempat ini. Gereja ini memiliki arsitektur dan ruang ibadah yang sangat cantik. Para peziarah biasanya datang dengan khusuk dan khidmat untuk berdoa di kursi-kursi yang telah disediakan.

2. Gereja Santo Joseph.

Matius 2 : 22 - 23 “Tetapi setelah didengarnya, bahwa Arkelaus menjadi raja di Yudea menggantikan Herodes, ayahnya, ia takut ke sana. Karena dinasehati dalam mimpi, pergilah Yusuf ke daerah Galilea. Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut : Orang Nazaret”

Gereja yang didirikan pada 1914 ini, memiliki ruang bawah tanah yang diyakini sebagai Bengkel Yusuf tempat ayah Yesus bekerja sehari-hari. Terletak di belakang Basilica of Annunciation, pastikan anda juga masuk ke tempat ziarah yang penting ini.

BUKIT DI MANA TUHAN YESUS MAU DILEMPAR DI NAZARET

BUKIT DI MANA TUHAN YESUS MAU DILEMPAR DI NAZARET

3. Mount of Precipitation or Mount of the Leap.

Lukas 4 : 28 – 30 “Mendengar itu sangat marahlah semua orang yang di rumah ibadat itu. Mereka bangun, lalu menghalau Yesus ke luar kota dan membawa Dia ke tebing gunung, tempat kota itu terletak, untuk melemparkan Dia dari tebing itu. Tetapi Ia berjalan lewat dari tengah-tengah mereka, lalu pergi.”

Tempat ini adalah lokasi terjadinya peristiwa di ayat ini. Dan setelah peristiwa ini, Lukas mencatat bahwa Yesus pergi ke Kapernaum dan memulai pelayanan publik-Nya secara terbuka.

4. Museum Basilica of Annunciation (hanya dibuka melalui booking khusus).

Museum ini memamerkan pot kuno dari tahun 2000 SM dan lukisan dinding yang menjadi saksi penghormatan kepada rombongan peziarah. Juga terdapat warisan budaya dan seni dari zaman Crusader (Tentara Salib). Ada satu set pahatan yang terdiri dari 6 huruf besar, melambangkan legenda dan episode alkitab dalam hidup 4 rasul yaitu Thomas, Petrus, Yakobus dan Matius.

GEREJA ST GABRIEL ATAU SUMUR MARIA

GEREJA ST GABRIEL ATAU SUMUR MARIA

5. Sumur Maria.

Tempat ini juga menjadi lokasi Peziarah selama berabad-abad. Diyakini sebagai sumur tempat Bunda Maria menimba air. Di mana pada zaman dulu peristiwa menimba air menjadi awal mula terjadi nya kisah di alkitab, seperti peristiwa bujang Abraham mencari istri untuk Ishak (Kejadian 24); Yesus dan wanita Samaria (Yohannes 4). Tradisi meyakini bahwa Malaikat Gabriel pertama kali nya menampakkan diri kepada Maria di dekat sumur ini dalam kegiatan sehari-harinya.

Lokasi itu kemudian di dirikan gereja Santa Gabriel untuk melindungi dan menyediakan tempat yang bagi peziarah yang hendak berkunjung, terutama dari kalangan Katolik.

THE SOUK, PASAR DI KOTA TUA NAZARET

THE SOUK, PASAR DI KOTA TUA NAZARET

6. The Souk, yaitu pasar yang menjadi pusat aktivitas komersial dari kota ini.

Nazaret merupakan salah satu kota yang dikunjungi dalam Paket Tour Ziarah kami. Mari bergabung bersama untuk melihat dan merasakan Kota Yesus dan belajar alkitab di sini untuk lebih memahami dan mengenal-Nya. Kami nantikan keikutsertaan anda sekalian.

Hubungi kami via Live Chat atau email untuk semua booking, pertanyaan, saran maupun kritik.

Terimakasih

Tuhan Memberkati

KS Ong dan Indra Hu, Holyland Specialist Team